Pengertian Energi

Saturday, January 26, 2013 | comments (1)

Setiap saat manusia memerlukan energi yang sangat besar untuk menjalankan kegiatannya sehari-hari, baik untuk kegiatan jasmani maupun kegiatan rohani. Berpikir, bekerja, belajar, dan bernyanyi memerlukan energi yang besar. Kita membutuhkan berjuta-juta kalori setiap harinya untuk melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, disarankan setiap pagi sebelum beraktifitas, kita harus makan terlebih dahulu. Dengan demikian, tubuh kita cukup energi untuk melakukan kegiatan

Ketika kita sakit dan nafsu makan hilang, tubuh akan lemas karena energi dalam tubuh berkurang. Jika demikian, kegiatan rutin sehari-hari akan terganggu bahkan kegiatan ibadah pun akan terganggu.

Apakah energi itu?
Kemampuan untuk melakukan sesuatu itulah yang disebut energi. Sesuatu itu dikatakan sebagai kerja atau usaha. Jadi, energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha.

Satuan energi dalam Sistem Internasional (SI) adalah joule (J). Satuan energi dalam sistem yang lain adalah kalori, erg, dan kWh (kilo watt hours). Kesetaraan joule dengan kalor adalah sebagai berikut.
1 kalori = 4,2 joule
atau
1 joule = 0,24 kalori
Share this article :

+ comments + 1 comments

March 5, 2017 at 10:34 AM

terimakasih artikelnya tentang Pengertian Energi di blog http://apaipa.blogspot.co.id ini.

Post a Comment

 

Copyright © 2011. Belajar IPA - All Rights Reserved

Proudly powered by Blogger